Selasa, 27 Oktober 2015

Proses Persalinanku

Para calon ibu - ibu baru biasanya pada penasaran gimana rasanya lahiran?

yaa kali ini saya akan bercerita pengalaman melahirkan saya kemarin.

Pada Jumat, tengah malah sekitar pukul 00.30 WIB tiba - tiba saya merasakan ada rembes di tempat tidur saya, tadinya saya kira atap rumah saya bocor (yakaleeeeee) setelah hening beberapa saat baru sadar kalo itu salah satu tanda - tanda melahirkan. Yiaaaaaa ((((melahirkan)))). Saya mencoba tenang untuk membangunkan suami, saat itu ia sangat terkejut dan panik, malah kebalik harusnya saya yang panik haha. Saya bilang agar suami tenang dan menghubungi kedua orang tua untuk segera datang dan kami bersama - sama ke rumah sakit. Lima menit kemudian orang tua datang dan kami meluncur kerumah sakit, di perjalanan saya sempet - sempetnya ngasih tau teman - teman kalo mau melahirkan jadi minta doanya semoga dilancarkan.

Setengah jam kemudian pukul 01.00 WIB sampai di Rumah Sakit Omni, BSD langsung dilarikan via UGD. Suami saya sebelumnya sudah menghubungi dr. Rahmedi kalo saya mau melahirkan dan sesampainya di RS Suster melakukan pemeriksaan dalam dan baru pembukaan satu, kalo ini belom berasa apa - apa saya masih santai - santai saja. Lalu dr.Rahmedi mengisntruksikan suster agar segera diinduksi infus. Mulai pukul 05.00 baru deh merasakan mules sampai akhirnya ke toilet untuk segera bab tapi gamau keluar, pokoknya bolak balik ke toilet karna rasanya beneran muleeeeeeees banget. Sebelum jam 06.00  memutuskan untuk mandi saja dan sarapan (sempet-sempetnya kepikiran mau lahiran harus wangi). Habis mandi dan sarapan suster melakukan pemeriksaan dalam lagi dan ternyata baru pembukaan dua.

Rasa - rasanya makin kesini makin tidak nyaman, di tempat tidur gelisah bolak balik rasanya lemes banget, sebelumnya saya juga sempat minta maaf ke kedua orangtua dan suami agar bisa melahirkan dengan mudah dan lancat. Sampai akhirnya jam 07.00 saya mau nyerah terus panggil suster "Sus boleh ga infusnya dicabut? Saya mau istirahat tidur dulu, kalo ga, sekarang saya mau minta pake ILA" Mungkin dalem hati susternya batin, ada ya pasien model gini mau lahiran minta pengen tidur dulu hahaha. Suami saya terus menyemangati tapi ya rasanya nahan sakit yang ada masuk kuping kanan keluar kuping kiri cuma bisa pasrah nikmatin sakitnya. Gak lama suster melakukan pemeriksaan dalam dan tiba - tiba saya lihat reaksi kaget dari susternya "Wah Bu ini uda pembukaan enam, udah ga bisa pake ILA" dan saya cuma bilang "HAH What dari pembukaan dua ke enam cuma sejam, PANTESAN SAKITNYA PARAAAAAAAAH"

Makin kesini pembukaan makin cepet dan lengkap sampai akhirnya jam 08.30 saya teriak terus - terusan ini bukan karna nahan sakit ya tapi karna bayinya uda ngajakin ngeden tapi belum boleh sama susternya karna dr.Rahmedinya belom dateng. PFFF. Teriakan saya ini bikin heboh RS karna mama sendiri yang nungguin sampai tutup kuping karna ga tega denger jeritan anaknya dan mama bilang sampe ada Office Girl nungguin sambil netesin air mata, mereka kira saya sedang menahan rasa sakit yang amat sangat padahal.... emang sayanya yang heboh :p :p  Fyi waktu saya datang mau melahirkan, kakak saya mau pulang karna sudah melahirkan lebih dulu jadi mama pulang bawa dua cucu hihi..

Akhirnya karna emang uda bener - bener uda mau keluar semua bidan kumpul didalem dan mempersiapkan segala sesuatunya. Sembari menunggu dokter, diluar saya dengar mama saya ngomel - ngomel karna dokter tak kunjung datang haha tak beberapa lama akhirnya dr.Rahmedi datang dan gak pake nunggu saya langsung ngeden sekenceng - kencengnya ternyata kata dokter ngeden saya salah. Aaaa saya lupa bagaimana tekhnik ngeden yang benar karna cuma senam hamil sekali di RS. Premier sisanya saya banyak melakukan Yoga dan Jalan pagi. Akhirnya setelah beberapa kali ngeden suara teriak bayi keluar bersamaan saya merasakan seperti ada byur air ketuban keluar dan byur darah dan ari - ari juga keluar horaaaaaaaaay alhamdulillah akhirnya bayi saya lahir juga tepat pada pukul 09.15.

~ Jennahara Adevva Rachim ~
Untaian mutiara surga yang pandai, berbakat dan penyayang <3



Dan ini bagian yang justru paling menakutkan buat saya, DIJAHIT!! sampe akhirnya saya bilang "Dok saya gausa dijahit deh kayaknya ga sobek ga sakit juga" dan dokternya malah ketawa bilang "Hahaha siapa bilang lo gatau aja ini kena berapa jaitan" saya tanya lagi "emang berapa Dok, berapaaaa??" dan dokternya gamau jawab takut saya parno kali ya dan emang dari awal saya udah bilang sama dokternya kalo saya ini anaknya cengeng, toleransi sama rasa sakitnya kecil tapi mau normal dengan syarat pake ILA untuk mengurangi rasa sakit tapi dokter cuma bilang sayang pake ILA mending normal alami aja, kec klo ekspresi wajah di pembukaan dua uda melas melas gitu baru boleh dipikirkan pake ILA tapi ini boro - boro orang saya aja tau - tau uda pembukaan enem haaaaaaaaaaaaaa.

Oke lanjut cerita tentang jahit - menjahit ternyata kena 5 jahitan, dan waktu dijahit badan gemeter segemeternya seluruh badan, mungkin efek keluar banyak darah dan tenaga kali ya jadinya saking lemesnya sampai gitu. Waktu dijahit saya tanya sama dokternya kenapa beliau telat, dokternya bilang dia sendiri kaget karna prosesnya efek induksinya cepet, bangun tidur dikabarin kalo saya sudah siap mau melahirkan jadinya dia juga terbirit-birit ke RS. Ditengah - tengah proses jahit  menjahit saya juga sempet - sempetnya pengen makan sushi sama steak haha gara - gara lihat dari jendala banyak restoran enak di depan Omni.

Beneran dh abis ngelahirin saya banyak ngoceh macem - macem ekspresi abis nahan sakit dan lega sampai dokter dan suster bilang "ini IMDnya ntar dulu ya nunggu ibunya tenang" setengah jam kemudian setelah selesai di jahit dan agak tenang baru bayi dibawa kepelukan dan saya sangat terharu bisa IMD cukup lama setelah itu dibawa ke kamar perawatan dan karna saya mau ASI eksklusif jadinya minta room in dengan bayinya selesai di observasi.

Besoknya sudah boleh pulang, jadi di RS cuma sehari karna kalo melahirkan normal proses penyembuhannya cepat. Saya bersyukur proses lahiran ini tidak meninggalkan bekas trauma justru membuat saya terharu bisa melahirkan secara normal, ditengah - tengah ketidakpercayaan teman - teman dan orang - orang di sekitar kalo saya bisa melahirkan secara alami hahaha. 

Terimakasih dr. Rahmedi, SpOg yang telah membantu proses persalinan ini. Seminggu sebelumnya beliau bilang kalo bayi saya akan lahir pada tanggal 14 Agustus dan beratnya kurang lebih 2.500 gr dan ternyata dugaannya tepat bayi saya lahir pada hari Jumat 14 Agustus 2015 pukul 09.15 dengan berat 2535gr walaupun beratnya minimal saya bersyukur bayi sehat dan tidak ada cacat, padahal waktu hamil sudah banyak makan dan bb naik hingga 15 kilo tapi sepertinya nutrisnya lari ke ibunya.

Buat para calon ibu tidak perlu takut untuk menghadapi proses - proses persalinan, sungguh melahirkan dengan cara alami itu indah dan bisa jadi lebih menghargai ibumu. Beneran setelah melahirkan saya jadi makin sayang sama mama. Kalo saya aja bisa kenapa kamu ngga? :"))



thankyou -xoxoagygyta- 

1 komentar:

  1. Mbaaa aq ngakak oas baca yg dah pengen ngeden tp g bole..itu sama bgt ama aq. Sampe suami q yg nyuruh dzikir malah q marahin wkwkw

    BalasHapus